Mengenang 25 Tahun SMA N Pangandaran dan 25 Tahun Meninggalkan Kampung Halaman (1985-2010)

Resume YM Conference (20|8|10)

Malam kesepuluh Ramadhan 1431 H ini, selepas tarawih, akhirnya terselenggara pertemuan maya (YM conference). Hadir wakil alumnus dari Jabodetabek, Banten dan Bandung. Suasana hangat dan serasa tergesa, seperti mau mudik besok atau lusa. Karenanya jadi ingat angkutan umum mudik di samping ini (Ini bukan iklan, hanya ilustrasi saja, semoga aspirasi/hasil pertemuan malam ini sampai ke Pangandaran dalam tempo 1 x 7 jam waktu tempuh bis Jkt-Pnd tanpa tuslah).

Dapat saya sampaikan butir-butir penting hasil pertemuan, sebagai berikut:

1. Para partisipan pertemuan maya (yang mewakili alumnus Jabodetabekten & Bandung); menyambut baik respon positif yang datang dari pihak almamater (sekolah SMA N Pangandaran). Penantian yang cukup panjang. Skali lagi appreciate! Dan dengan ini pula para alumnus mendapatkan kembali orientasinya; kemana kita akan pulang kandang.

2. Dengan mempertimbangkan bahwa dengan waktu yang amat mendesak dalam rentang 2-3 minggu ke depan, maka rencana penyelenggaraan acara Reuni Perak mungkin akan sulit terselenggara dengan baik jika dilaksanakan setelah Ied Fitri 1431 H menjelang. Baik dalam pengertian; kolosal dan ter-manage dengan baik seperti yang ada dalam setiap benak/bayangan setiap alumnus tentang Reuni Perak).

3. Karenanya partisipan YM Conference lebih berfokus kepada; bahwa yang lebih penting dari rencana pertemuan selepas Ied Fitri 1431 H ini adalah untuk melakukan konsolidasi bagi penguatan kelembagaan alumnus SMA N Pangandaran. Fokus tersebut berdasarkan pada kepentingan yang lebih substansial untuk merumuskan bagaimana para alumnus dapat memberikan arti secara kesinambungan dan/atau berjangka panjang bagi almamaternya, dari pada hanya sekedar acara klangenan sesaat. Karena toh acara klangenan (kumpul2 atau reunian) bisa diselenggarakan setiap tahun. Tetapi tadi, jika kelembagaan alumnua kuat, maka acara-acara serupa atau acara-acara turunannya bisa dipesiapkan dan diselenggarakan lebih baik dan lebih baik lagi.

4. Jadi wacana dan sekaligus usulan yang muncul dari YM Conference tersebut adalah: pertemuan tetap diusulkan untuk diselenggarakan pada tanggal 12 September atau hari kedua setelah Ied Fitri, dengan agenda Silaturahmi Alumnus untuk Penguatan Kelembagaan Alumnus SMA N Pangandaran.

5. Adapun teknis penyelenggaraanya bisa dilakukan sebagai berikut beberapa voluntir dari setiap angkatan dalam rentang 2-3 minggu ke depan menyiapkan dan membahas konsep bagaimana kelembagaan Alumnus SMA N Pangandaran akan diperkuat. Hal ini bisa dilakukan melalui milis atau media lainnya dan kemudian hasilnya di-share melalui upload pada situs resmi sekolah atau yang ditunjuk. Bahasan ini tentu harus dipandu/difasilitasi secara bersama dari pihak sekolah dan dari alumnus. Diharapkan sebelum hari H pertemuan, konsep awal sudah jadi dan siap untuk disosialisikan kepada para almunus lainnya yang akan hadir pada tanggal 12 Sep itu.

6. Acara pertemuan pada hari H di tanggal 12 September sendiri, terserah bisa di-label sebagai acara Silaturahmi Alumnus, Halal bil Halal, atau Reuni Persiapan untuk Reuni Akbar. Ini semuanya, aspek teknis dan lain-lainnya perlu dirembugkan di hari Senin tanggal 23 Agustus 2010.

7. Perwakilan alumnus dari wilayah Jabodetabekten, saat ini sudah siap satu orang untk datang dan menghadiri pertemuan di SMA N Pangandaran pada 23 Agustus 2010. Tentu tidak akan cukup mewakili. Oleh karenanya melalui ini, kami menghimbau, untuk menggalang siapa diantara wakil alumnus yang lain yang dapat bersama hadir ke Pangandaran? Kami tunggu info dan kesediaannya untuk perwakilan dari Bandung dsk, Tasik dsk, dan Pangandaran dsk, tentunya.

8. Ada gagasan lain, sekiranya memungkinkan, sesungguhnya pertemuan antara pihak sekolah/panitia dengan para alumnus dapat dilakukan dengan cara teleconference (via skype atau YM biasa). Dengan demikan maka, ruang partisipasi akan lebih luas, dimana para alumnus yang ada dibelahan tempat manapun bisa ikut rembug dalam pertemuan. Tetapi ini tentu perlu disiapkan juga instalasinya di sekolah. Rekan Adi Sumaryadi dan Yayan Herdiyan mungkin bisa membantu memfasilitasi opsi ini.

Itu saja dahulu updatenya. Setiap perkembangan dan hasil-hasilnya, akan diupayakan untuk di-share dan di upload di blog ini dan situs lainnya yang nanti ditetapkan dari hasil pertemuan Senin depan. Selamat beristirahat dan selamat bersahur!***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar