Mengenang 25 Tahun SMA N Pangandaran dan 25 Tahun Meninggalkan Kampung Halaman (1985-2010)

Apakah jadi Reuni Perak?

Pertanyaan ini sering muncul; "Jadi ngak sih perayaan perak 25 tahun alumnus SMA N Pangandaran? Ditunggu ya khabarnya...".

Bagi saya sendiri, tentu saja jadi! Mengenang 25 tahun itu; saya telah merayakannya dengan cara sendiri selama lebih dari setahun melalui blog ini.

Tetapi jika ditanyakan:"Apakah reuni akbarnya (Reuni Perak) jadi ngak sih tahun ini (2010), selepas lebaran?". Untuk pertanyaan ini, saya hendak pastikan jawabannya; tidak ada kejelasan alias tidak jadi! Tetapi jika reuni kecil-kecilan per angkatan atau per kelas secara masing-masing alias sendiri-sendiri, mungkin saja jadi.

Dua alasan mengapa reuni akbar, tidak jadi diselenggarakan selepas Ied Fitri di tahun 2010 ini:
  • Dalam praktek ternyata tidaklah mudah untuk mengkordinasikan teknisnya. Lebih dari setahun saya mencoba menggalang dan melemparkan gagasan ini kepada beberapa kerabat alumnus yang ada di kidul atau yang tinggal di wilayah Priangan, yang relatif lebih dekat dengan almamater, untuk mengkordinasikan aspek teknisnya dengan pihak sekolah. Namun nampaknya belum mulus, ini terlihat dari tidak adanya signal yang kuat/responsif. -haraf maklum untuk penyelenggaraan hajatan besar ini, hanya mungkin bisa dilakukan jika almamater (pihak sekolah) dapat mengambil sepenuhnya inisiaitif ini. Jadinya kita kehilangan orientasi; ada niat dan smangat, tapi tak ada 'kandang'.
  • Pada sisi lain, selepas Ied nanti juga akan ada acara reuni akbar SMP N Pangandaran. Kelihatannya para alumnus banyak tersedot atensi dan energinya ke hajatan tersebut, karena sebagian besar alumnus SMA N adalah alumnus SMP N Pangandaran.
Itulah yang saya tahu, sampai dengan posting ini diupload. Tanpa patah semangat, beberapa kerabat alumnus tetap kontak saya untuk tetap menyelenggarakan reuni kecil-kecilan. Ha, kalau ada umur dan rezeqi Insya Allah siap saja. Kita kontak-kontak lewat japri aja ya? Tak usah repot-repot direncanakan, spontan saja kita saling berkontak menjelang hari Ied nanti. Dengan cara itu malah biasanya jadi, ya toh?***

3 komentar:

  1. Kang...katanya jadi tanggal 16... coba liat di web smu http://www.smansapangandaran.sch.id ...penyelenggaranya sekolah

    BalasHapus
  2. Nembe Gito Noor ngabarkeun cenah acarana dimajukeun kana ping 12.
    Memang infona simpang siur, kanggo simkuring mah hiji tanda mungkin eta acara sifatna independen (reuni terbatas) so sanaos tempatna di sakola; tapi anu disebat Reuni Akbar sakumaha gagasan atanapi anu dibayangkeun; dugi ka ayeuna teu kakuping aya persiapan naon-naon ti pihak sakola sacara resmi, kitu rupina

    BalasHapus
  3. Bismillah....

    Begini... Banyak pihak yang pengin reuni ini terwujud, tapi tidak ada action nyata... Untuk itu pihak sekolah mempasilitasi agar reuni perak ini dapat terwujud. Untuk itu harapannya para alumni bisa menyamakan misi dan persepsi untuk menuju reuni perak smansa pangandaran.

    Masalah waktu, sistem pelaksanaan dan konsep reuni kita musyawarahkan dalam waktu cepat agar dapat merespon itikad baik sekolah.

    Reuni perak ini, harus terwujud untuk semua angkatan walaupun ini sebagai pijakan awal untuk melangkah kepada konsep alumni yang lebih nyata.

    Untuk info silahkan kontak
    0821 1810 0704
    Arif Wicaksono
    (Sebagai Fasilitator Sementara)

    BalasHapus